Langsung ke konten utama

Notebook / Laptop cepat panas, kenapa ya?


Notebook / Laptop cepat panas maupun panas berlebih dengan sistem operasi Windows 7 walau telah menggunakan pendingin seperti Notebook Cooler tidak mampu menurunkan suhunya, dapat diatasi dengan cara mengurangi kinerja Maksimum Prosesor. Caranya,
  1. Buka Control Panel atau klik kanan pada system tray yang berada disebelah kanan bawah.
  2. Pilih Power Options
  3. Di jendela ini, terdapat beberapa pilihan umum seperti Balanced, High Performance, Power Saver, klik “Change Plan Setting” di salah satu dari ketiga ini, atau untuk lebih bagusnya buat  Power Plan baru yang juga bisa dilihat caranya disini.
  4. Setelah klik Change Plan Setting, kita akan dihadapkan pada tampilan seperti ini, image
  5. Klik Change Advanced Power Setting
  6. Dibagian ini banyak variabel yang bisa diatur sesuai dengan kebutuhan. Kali ini pilih Processor Power Management, kemudian pilih Maximum Power State, Masukkan Nilai 80%-85% pada On Battery, dan Plug in
On Battery, artinya pengaturan ini hanya berlaku jika Notebook berjalan hanya melalui tenaga batere tanpa melalui adaptor, sedangkan Plugin disini artinya Notebook berjalan dalam kondisi adaptor terpasang ke listrik.

Maximum Power State, adalah kondisi dimana sistem menggunakan kemampuannya secara optimal menjalankan aplikasi atau game. Jadi dengan menurunkannya menjadi 80%-85%, tentunya kita mengorbankan sekitar 15% hingga 20% kinerja optimalnya. Walau kinerjanya menjadi “agak” menurun, Namun secara efektif mampu menurunkan temperatur. Dengan memindahkan kondisi Maximum Power State pada 80-85% panas yang dihasilkan sistem juga tidak berlebihan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Intel G31 Mainboard | Cardex Pro CDX G31

Type Mainboard Cardex Pro CDX G31 ini telah menggunakan Chipset Intel G31, ini telah memiliki 4 Slot SATA dan yang paling ditunggu, walaupun sudah mulai

Cara mengatasi sinyal Wireless yang tidak stabil

Kondisi yang terjadi pada perangkat seperti sinyal wireless yang tidak stabil, kadang terkoneksi dan kadang tidak bisa jadi disebabkan akan 2( dua ) hal, yaitu sinyalnya memang sudah lemah atau adanya interfensi (gangguan). Berikut ini adalah tips untuk mengatasinya :

Cara menambahkan USB 3.0 pada Mainboard Lama

Beberapa hari yang lalu, ada kunjungan nih ceritanya ke tempat customer. Seperti biasanya hanya untuk maintenance. Dan sambil ngobrol, istilah cerita punya cerita. Customer kami ingin curhat kalau komputer lamanya ini dengan spesifikasi Core 2 Quad, kalau copy dan pindah-pindah file antar Harddisk internal ke Harddisk External lumayan lama, mengingat Mainboardnya masih mendukung USB 2.0 Ingin ganti ke Mainboard baru yang pastinya memiliki USB 3.0, harganya pasti lebih mahal, belum lagi  tentunya harus mengganti processor baru, memory baru yang semakin menguras isi kantung. Keinginannya hanya simpel dan satu saja, yaitu ingin mendapatkan transfer yang lebih baik daripada USB 2.0 lamanya.