Langsung ke konten utama

8 Tips cara mengamankan Data pada laptop

Laptop Hilang jangan sampai data ikut hilang
Untuk saat ini Laptop sudah menjadi bagian yang penting, perhatikan saja di cafe, airport, bahkan sekolah, dan perkuliahan, sudah mulai mengharuskan menggunakan Laptop. Laptop tentu bukanlah seperti Tablet PC yang bisa ditenteng kemana-mana, Laptop memerlukan meja untuk bekerja. Berarti data yang terdapat pada Laptop tentunya lebih banyak dibandingkan pada smartphone dan Tablet PC


Data yang terdapat didalam Laptop bagian sebagian pengguna, tentunya itu bukanlah data sembarangan. Kehilangan laptop berarti kehilangan barang berharga yang sangat mahal, bagaimana tidak mahal, nilai dari informasi yang tersimpan didalam hard drivenya lah yang menjadikannya sangat mahal, dan sangat bernilai, betul tidak?

Terdapat 8 Tips singkat cara mengamankan data pada Laptop, 

  1. Selalu gunakan Password pada sistem operasi yang digunakan. Walau tidak memberikan jaminan sepenuhnya, namun setidaknya ini adalah langkah awal.
  2. Anda tentunya lebih tahu akan prioritas data Anda, seberapa penting, sehingga harus ditempatkan didalam harddisk Laptop atau diletakkan pada flashdisk, dan Harddisk External. Semakin penting data itu, tempatkan ditempat lain, tanpa harus menempatkannya didalam harddisk Laptop.
  3. Gunakan hardware khusus enkripis yang mampu mengunci semua data dengan password yang sangat kompleks, terutamanya untuk memberikan perlindungan pada data bisnis.
  4. Gunakan Folder Zip yang memiliki fitur password pada data yang dianggap penting. Walau bisa dicrack, namun ini memberikan keamanan tersendiri.
  5. Gunakan Antivirus dengan kategori Internet Security yang dapat memberikan keamanan yang lebih kompleks jika terjadi pencurian data melalui internet.
  6. Jangan sembarangan melakukan proses download pada aplikasi yang tidak jelas apa fungsinya, selalu lakukan langkah awal, cek terlebih dahulu melalui google, atau cari tahu dari user yang pernah menggunakannya.
  7. Jangan membiarkan login secara otomatis, dengan memberikan username dan password, secara otomatis, hal ini seperti membiarkan pintu rumah kita terbuka untuk siapapun
  8. Gunakan penyimpan portabel Flashdisk yang memiliki fitur password



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Intel G31 Mainboard | Cardex Pro CDX G31

Type Mainboard Cardex Pro CDX G31 ini telah menggunakan Chipset Intel G31, ini telah memiliki 4 Slot SATA dan yang paling ditunggu, walaupun sudah mulai

Cara mengatasi sinyal Wireless yang tidak stabil

Kondisi yang terjadi pada perangkat seperti sinyal wireless yang tidak stabil, kadang terkoneksi dan kadang tidak bisa jadi disebabkan akan 2( dua ) hal, yaitu sinyalnya memang sudah lemah atau adanya interfensi (gangguan). Berikut ini adalah tips untuk mengatasinya :

Cara menambahkan USB 3.0 pada Mainboard Lama

Beberapa hari yang lalu, ada kunjungan nih ceritanya ke tempat customer. Seperti biasanya hanya untuk maintenance. Dan sambil ngobrol, istilah cerita punya cerita. Customer kami ingin curhat kalau komputer lamanya ini dengan spesifikasi Core 2 Quad, kalau copy dan pindah-pindah file antar Harddisk internal ke Harddisk External lumayan lama, mengingat Mainboardnya masih mendukung USB 2.0 Ingin ganti ke Mainboard baru yang pastinya memiliki USB 3.0, harganya pasti lebih mahal, belum lagi  tentunya harus mengganti processor baru, memory baru yang semakin menguras isi kantung. Keinginannya hanya simpel dan satu saja, yaitu ingin mendapatkan transfer yang lebih baik daripada USB 2.0 lamanya.