Langsung ke konten utama

10 Tips, Cara Merawat Baterai Laptop tetap Awet

Menjaga Batere Laptop Tahan Lama dan Awet
Pasti pernah kehabisan daya baterai pada laptop, notebook atau netbook saat meeting atau di ruang kuliah, bukan? Baterai yang bisa bertahan lama adalah tantangan terbesar dari mobile PC. Adapun 6 Cara Bikin Panjang Umur Baterai adalah :







  1. Disaat Laptop tidak sedang digunakan atau tidak terhubung ke listrik, lepaskan baterai.
  2. Jangan pernah biarkan baterai sampai kosong, selalu bawa adaptor disaat diperlukan.
  3. Khusus untuk kamu yang masih menggunakan Laptop dengan baterai Ni-Mh, pastikan kamu mengosongkan daya sebelum mengisi ulang kembali setiap 2(dua) bulan sekali.
  4. Sangat disarankan menggunakan Pendingin Laptop ( Laptop Cooler ) disaat bekerja, Laptop menghasilkan panas, semakin lama digunakan, akan semakin panas, sehingga mengakibatkan semakin tidak efisien perangkatmu yang akan menjadi boros energi.
  5. Pastikan Lubang Ventilasi Laptop tidak tertutup, dan hindari penggunaan Laptop diatas permukaan lunak seperti di selimut maupun di atas kasur. 
  6. Pastikan suhu Laptop sudah menurun, disaat akan disimpan kembali ke dalam tas.
  7. Jika tidak menggunakan Laptop dalam beberapa minggu kedepan, Pastikan simpan laptop ditempat yang sejuk. 
  8. Hindari kehabisan daya pada baterai untuk waktu yang lama karena akan memperpendek umur baterai. 
  9. Bersihkan slot baterai pada laptop. Socket pada baterai bisa saja kotor sehingga mengurangi efektifitas pengiriman daya. 
  10. Gunakan kain penyeka yang dibahasi alkohol untuk membersihkan logam yang terhubung  dengan baterai, dan harap diingat biarkan benar-benar kering sebelum kamu memasang kembali dan menghubungkannya ke listrik. Ulangi kebiasaan ini setiap 3(tiga) bulan sekali. 

Sukses Kerja


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Intel G31 Mainboard | Cardex Pro CDX G31

Type Mainboard Cardex Pro CDX G31 ini telah menggunakan Chipset Intel G31, ini telah memiliki 4 Slot SATA dan yang paling ditunggu, walaupun sudah mulai

Cara mengatasi sinyal Wireless yang tidak stabil

Kondisi yang terjadi pada perangkat seperti sinyal wireless yang tidak stabil, kadang terkoneksi dan kadang tidak bisa jadi disebabkan akan 2( dua ) hal, yaitu sinyalnya memang sudah lemah atau adanya interfensi (gangguan). Berikut ini adalah tips untuk mengatasinya :

Cara menambahkan USB 3.0 pada Mainboard Lama

Beberapa hari yang lalu, ada kunjungan nih ceritanya ke tempat customer. Seperti biasanya hanya untuk maintenance. Dan sambil ngobrol, istilah cerita punya cerita. Customer kami ingin curhat kalau komputer lamanya ini dengan spesifikasi Core 2 Quad, kalau copy dan pindah-pindah file antar Harddisk internal ke Harddisk External lumayan lama, mengingat Mainboardnya masih mendukung USB 2.0 Ingin ganti ke Mainboard baru yang pastinya memiliki USB 3.0, harganya pasti lebih mahal, belum lagi  tentunya harus mengganti processor baru, memory baru yang semakin menguras isi kantung. Keinginannya hanya simpel dan satu saja, yaitu ingin mendapatkan transfer yang lebih baik daripada USB 2.0 lamanya.