Langsung ke konten utama

11 Tips Singkat cara merawat Laptop / Notebook, Netbook

Cara menjaga Laptop

  1. Setelah pemakaian yang lama, katakanlah 2 jam atau bahkan lebih, jangan langsung memasukkan Laptop ke dalam tasnya. Dikarenakan masih adanya hawa panas berlebih dari Laptop sehabis digunakan barusan, yang apabila langsung dimasukkan, tentunya akan berakibat pada kerusakaan komponen listrik yang ada didalam Laptop. 
  2. Sewaktu menggunakan Laptop, jangan menyentuh Layar Laptop dengan benda-benda tumpul terlebih tajam seperti pulpen, penggaris, ataupun kuku yang runcing, yang sering dilakukan dengan sengaja maupun tidak sengaja, yang dapat berakibat fatal pada layar LCD.
  3. Jika bekerja terlalu lama menggunakan Laptop, sebaiknya menggunakan pendingin Laptop. 
  4. Selalu perhatikan rentang waktu charging pada Laptop, jangan terlalu sering melakukan charging berlebih pada laptop. Cabutlah adaptor jika baterai telah full, jika menyulitkan, gunakan timer pada stopkontak, sehingga akan memutuskan sendiri sesuai dengan waktu yang telah diatur. 
  5. Selalu awasi penggunaan Batere pada Laptop (sebenarnya poin yang satu ini termasuk agak sulit di jaga, karena biasanya penggunaan 1 tahun lebih, kemampuan baterai memang akan berkurang).
  6. Perhatikan kebiasan download software, jangan asal download, apalagi software yang tidak jelas darimana asalnya, sebaiknya sebelum melakukan proses download, cek dulu melalui google. 
  7. Jika batere telah full, cabut adaptornya dan kembali lakukan charging jika batere Laptop sudah mencapai 30% - 40% (namun hal ini disesuaikan dengan kebutuhan), dan selalu ingat lakukan kalibrasi baterai setidaknya minimal 1x sehari, caranya gunakan baterai sampai habis, kemudian lakukan charging tanpa menghidupkan Laptop sama sekali.
  8. Perhatikan lingkungan dimana Laptop digunakan, sebaiknya jangan terlalu dekat dengan makanan terutama minuman, yang jika tanpa sengaja tumpah ke Laptop, akibatnya tentunya bisa fatal. Jika hal ini terjadi, segera matikan Laptop, Cabut Batere, dan segera keringkan kondisi luarnya, kemudian bawalah Laptop ke Service centre terdekat. 
  9. Jangan terlalu sering menggunakan Laptop diatas tempat tidur, terutama diatas selimut, yang berakibatkan akan menambah temperatur pada Laptop yang berpengaruh pada rusaknya Laptop diakibatkan terhambatnya sirkulasi. 
  10. Gunakan Tas Laptop yang sesuai, terutama yang memiliki bantal lebih tebal dan memang sudah desain khusus untuk Laptop. 
  11. Selalu perhatikan posisi Laptop, jangan asal taruh, terutama didalam Mobil maupun di lantai, fatal akibatnya jika terduduki ataupun terinjak tanpa sengaja.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Intel G31 Mainboard | Cardex Pro CDX G31

Type Mainboard Cardex Pro CDX G31 ini telah menggunakan Chipset Intel G31, ini telah memiliki 4 Slot SATA dan yang paling ditunggu, walaupun sudah mulai

Cara mengatasi sinyal Wireless yang tidak stabil

Kondisi yang terjadi pada perangkat seperti sinyal wireless yang tidak stabil, kadang terkoneksi dan kadang tidak bisa jadi disebabkan akan 2( dua ) hal, yaitu sinyalnya memang sudah lemah atau adanya interfensi (gangguan). Berikut ini adalah tips untuk mengatasinya :

Cara menambahkan USB 3.0 pada Mainboard Lama

Beberapa hari yang lalu, ada kunjungan nih ceritanya ke tempat customer. Seperti biasanya hanya untuk maintenance. Dan sambil ngobrol, istilah cerita punya cerita. Customer kami ingin curhat kalau komputer lamanya ini dengan spesifikasi Core 2 Quad, kalau copy dan pindah-pindah file antar Harddisk internal ke Harddisk External lumayan lama, mengingat Mainboardnya masih mendukung USB 2.0 Ingin ganti ke Mainboard baru yang pastinya memiliki USB 3.0, harganya pasti lebih mahal, belum lagi  tentunya harus mengganti processor baru, memory baru yang semakin menguras isi kantung. Keinginannya hanya simpel dan satu saja, yaitu ingin mendapatkan transfer yang lebih baik daripada USB 2.0 lamanya.