Langsung ke konten utama

Tips memilih tipe broadband internet untuk rumah dan perkantoran

Untuk membangun sebuah jaringan wireless baik itu dirumah maupun di kantor, sebaiknya memilih yang lebih tepat. Dibawah ini beberapa pengertian dan penjelasan singkat yang dapat dijadikan acuan sebelum melakukan pengambilan keputusan. Berikut ini beberapa tipe Broadband dan penjelasannya.

ADSL
Asymmetric Digital Subscriber Line atau lebih dikenal dengan istilah ADSL merupakan tipe Broadband yang menggunakan saluran telepon sebagai penghubung broadband. Tipe ini telah dikenal secara luas dan banyak dipilih orang. Bila memilih tipe ini, Anda akan mendapatkan sebuah piranti dan software yang diperlukan untuk proses instalasinya.


Karena tipe ADSL ini menggunakan saluran yang sama dengan jalur telepon, dengan banyaknya orang yang menggunakan ADSL pada jalur yang sama maka sudah pasti akan berpengaruh pada kecepatan akses internet.

Jika Anda memilih ADSL, pasti menggunakan piranti Microfilters. Piranti ini berupa sebuah konektor kecil yang dipasang pada soket telepon di rumah Anda. Dengan alat ini, Anda tetap bisa merima telepon secara normal dan akses ke internet tetap lancar.

KABEL
Berbeda dengan tipe ADSL, tipe ini menggunakan layanan TV kabel yang Anda gunakan untuk menyalurkan Broadband. Tipe ini mampu menyediakan akses internet yang lebih cepat bila dibandingkan dengan tipe ADSL. Namun seperti juga tipe ADSL, kecepatan akses internet juga akan terpengaruh bila dalam satu jalur terjadi penggunaan secara bersamaan. Di samping itu, tipe ini juga hanya bisa ditemukan pada beberapa lokasi saja.

SATELIT
Tipe ini menggunakan piringan satelit untuk menyalurkan Broadband. Piringan satelit tersebut akan dipasang di rumah atau pekarangan Anda. Tipe ini sangat cocok digunakan bila wilayah Anda belum terjangkau oleh tipe ADSL maupun kabel. Kelemahannya adalah, mudah terganggu oleh keadaan cuaca dan harganya relatif lebih mahal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Intel G31 Mainboard | Cardex Pro CDX G31

Type Mainboard Cardex Pro CDX G31 ini telah menggunakan Chipset Intel G31, ini telah memiliki 4 Slot SATA dan yang paling ditunggu, walaupun sudah mulai

Cara mengatasi sinyal Wireless yang tidak stabil

Kondisi yang terjadi pada perangkat seperti sinyal wireless yang tidak stabil, kadang terkoneksi dan kadang tidak bisa jadi disebabkan akan 2( dua ) hal, yaitu sinyalnya memang sudah lemah atau adanya interfensi (gangguan). Berikut ini adalah tips untuk mengatasinya :

Cara menambahkan USB 3.0 pada Mainboard Lama

Beberapa hari yang lalu, ada kunjungan nih ceritanya ke tempat customer. Seperti biasanya hanya untuk maintenance. Dan sambil ngobrol, istilah cerita punya cerita. Customer kami ingin curhat kalau komputer lamanya ini dengan spesifikasi Core 2 Quad, kalau copy dan pindah-pindah file antar Harddisk internal ke Harddisk External lumayan lama, mengingat Mainboardnya masih mendukung USB 2.0 Ingin ganti ke Mainboard baru yang pastinya memiliki USB 3.0, harganya pasti lebih mahal, belum lagi  tentunya harus mengganti processor baru, memory baru yang semakin menguras isi kantung. Keinginannya hanya simpel dan satu saja, yaitu ingin mendapatkan transfer yang lebih baik daripada USB 2.0 lamanya.