Langsung ke konten utama

Optimalkan Kinerja Komputer PC Laptop Notebook dengan Tweak

Tweak adalah sebuah fitur utilitas atau yang biasanya disebut dengan "utility" yang telah tersedia pada sistem operasi. Fungsi utama Tweak adalah untuk mengoptimalisasikan  kinerja sistem operasi. Fasilitas ini dapat memberikan  trik dan otomatisasi dalam berbagai perintah pada sistem operasi, serta kemudahan dan keamanan dalam berinternet. Utility ini semakin dikembangkan, terutama pada sistem operasi Windows, yang menjadikannya semakin mudah digunakan bahkan untuk pemula sekalipun.


Swap file atau biasa juga disebut dengan Paging File, adalah Virtual memory yang ada pada sistem Operasi
Microsoft Windows. Virtual Memory ini berfungsi sebagai memory tambahan untuk mendukung kinerja RAM (Random Access Memory) itu sendiri.

File swap memanfaatkan kapasitas hard disk untuk menampung file-file yang bersifat sementara. Semakin banyak Anda menggunakan aplikasi secara bersamaan, file swap yang dibutuhkan juga menjadi semakin besar. Sebaliknya, semakin sedikit Anda menggunakan aplikasi secara bersamaan, semakin sedikit pula virtual memory yang digunakan. Sehingga besar kecilnya virtual memory yang dibutuhkan sangat tergantung dari cara  pemakaian Anda. Walaupun begitu, ecepatan proses pada file swap  ini tidaklah secepat pada memory aslinya, dikarenakan hal ini dipengaruhi oleh kecepatan putar hard disk yang tidak secepat proses pada RAM.

Umumnya kapasitas minimal yang dibutuhkan oleh virtual memory sekitar 1,5 kali dari kapasitas RAM yang Anda gunakan. Sedangkan kapasitas maksimal yang dibutuhkan sekitar 2-3 kali dari kapasitas RAM Anda.

Cara melakukan proses optimalisasi pada kerja PC atau Laptop Notebook dengan sistem operasi Windows 7 adalah :
1. Klik Tombol Start, kemudian klik dan pilih Control Panel
2. Klik 2x ke System
3. Pilih dan Klik "Advanced System Settings"
4. Pada bagian Performance, klik tombol Settings
5. Kemudian klik tabulasi "Advanced"
6. Setelah itu akan terlihat pilihan "Virtual Memory" yang tentunya sudah bisa kamu gunakan untuk melakukan pengaturan sesuai dengan kapasitas yang diinginkan.
7. Dan setelah selesai melakukan pengaturan, diharuskan melakukan proses "restart" pada komputer.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Intel G31 Mainboard | Cardex Pro CDX G31

Type Mainboard Cardex Pro CDX G31 ini telah menggunakan Chipset Intel G31, ini telah memiliki 4 Slot SATA dan yang paling ditunggu, walaupun sudah mulai

Cara mengatasi sinyal Wireless yang tidak stabil

Kondisi yang terjadi pada perangkat seperti sinyal wireless yang tidak stabil, kadang terkoneksi dan kadang tidak bisa jadi disebabkan akan 2( dua ) hal, yaitu sinyalnya memang sudah lemah atau adanya interfensi (gangguan). Berikut ini adalah tips untuk mengatasinya :

Cara menambahkan USB 3.0 pada Mainboard Lama

Beberapa hari yang lalu, ada kunjungan nih ceritanya ke tempat customer. Seperti biasanya hanya untuk maintenance. Dan sambil ngobrol, istilah cerita punya cerita. Customer kami ingin curhat kalau komputer lamanya ini dengan spesifikasi Core 2 Quad, kalau copy dan pindah-pindah file antar Harddisk internal ke Harddisk External lumayan lama, mengingat Mainboardnya masih mendukung USB 2.0 Ingin ganti ke Mainboard baru yang pastinya memiliki USB 3.0, harganya pasti lebih mahal, belum lagi  tentunya harus mengganti processor baru, memory baru yang semakin menguras isi kantung. Keinginannya hanya simpel dan satu saja, yaitu ingin mendapatkan transfer yang lebih baik daripada USB 2.0 lamanya.