Langsung ke konten utama

Tips membersihkan Keyboard Laptop

Keyboard di laptop merupakan peripheral yang sensitif, dikarenakan lokasinya yang tergabung dengan komponen - komponen lain. Keyboard Laptop sangat mudah sekali rusak, hanya dikarenakan adanya tumpahan cairan.

Keyboard terkena tumpahan cairan ?

Bagi Anda yang sering makan atau minum di depan laptop, tentu pernah menumpahkan air minum dan cairan lain di keyboard. Mungkin hanya beberapa tetes saja. Namun jika tidak ditangani dan dibersihkan, itu bisa merusakkan keyboard Laptop Anda, walau keyboard laptop memang bisa diganti lagi dengan yang baru, namun harganya berkali lipat dari harga keyboard PC.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dicoba untuk membersihkan laptop jika ketumpahan cairan:
  1. Langsung matikan Laptop. Segera cabut adaptor dari colokan listrik, dan Lepaskan juga baterai dari laptop. Salah satu bahaya dari ketumpahan cairan  adalah konsleting di listrik. Air bisa membuat rangkaian listrik di keyboard dan laptop konslet. 
  2. Segera balik laptop untuk mencegah cairan meluber lebih luas dan lebih dalam.
  3. Bersihkan tumpahan air dengan lap kering atau yang bisa menyerap air.
  4. Cek keyboard. Beberapa keyboard Laptop memang didesain untuk dapat menahan air yang tumpah.
  5. Hilangkan cairan yang terjebak di bagian dalam keyboard.
  6. Lepaskan keyboard (mungkin Anda perlu membuka casing laptop dulu). Setelah keyboard dilepaskan, bersihkan. ( Jika tidak bisa segera serahkan ke Service centre terdekat)
  7. Jika ada yang lengket, usap dengan lap atau kapas yang sedikit diberi air. Termasuk layar, keyboard, dan tombol - tombol keyboard.
  8. Lindungi diri Anda dari arus listrik statis.
  9. Jika air sampai masuk ke dalam, lepas casing untuk melihat cairan di dalamnya.
  10. Lepaskan hard disk jika perlu untuk menyelamatkan data Anda.
  11. Untuk bagian - bagian yang sempit, Anda bisa menghilangkan sisa - sisa cairan dengan cutton bud   yang diberi sedikit air.
  12. Biarkan mengering. untuk mengeringkan, Anda bisa mengeringkan secara alami dengan diangin-       anginkan. Biarkan mesin diangin - anginkan selama 2 sampai 3 hari.
  13. Jangan gunakan hair dryer untuk mengeringkan komponen laptop karena bisa menyebabkan masalah listrik statis dan bahkan menambahkan debu dan kotoran ke dalam komponen plastik di laptop. Bahkan bisa juga menjadikan rangkaian listrik di laptop teroksidasi dan rusak sehingga kerusakan malah semakin parah.
  14. Setelah kering, pasang lagi komponen - komponen yang dilepas. Coba nyalakan laptop untuk mengetes apakah berfungsi dengan baik dan keyboard berjalan dengan normal.
  15. Untuk langkah pencegahan, Anda bisa memasang plastik karet pelindung keyboard (Keyboard Protector) yang sekarang banyak dijual di toko komputer.

Belajar Teknisi Laptop


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Intel G31 Mainboard | Cardex Pro CDX G31

Type Mainboard Cardex Pro CDX G31 ini telah menggunakan Chipset Intel G31, ini telah memiliki 4 Slot SATA dan yang paling ditunggu, walaupun sudah mulai

Cara mengatasi sinyal Wireless yang tidak stabil

Kondisi yang terjadi pada perangkat seperti sinyal wireless yang tidak stabil, kadang terkoneksi dan kadang tidak bisa jadi disebabkan akan 2( dua ) hal, yaitu sinyalnya memang sudah lemah atau adanya interfensi (gangguan). Berikut ini adalah tips untuk mengatasinya :

Cara menambahkan USB 3.0 pada Mainboard Lama

Beberapa hari yang lalu, ada kunjungan nih ceritanya ke tempat customer. Seperti biasanya hanya untuk maintenance. Dan sambil ngobrol, istilah cerita punya cerita. Customer kami ingin curhat kalau komputer lamanya ini dengan spesifikasi Core 2 Quad, kalau copy dan pindah-pindah file antar Harddisk internal ke Harddisk External lumayan lama, mengingat Mainboardnya masih mendukung USB 2.0 Ingin ganti ke Mainboard baru yang pastinya memiliki USB 3.0, harganya pasti lebih mahal, belum lagi  tentunya harus mengganti processor baru, memory baru yang semakin menguras isi kantung. Keinginannya hanya simpel dan satu saja, yaitu ingin mendapatkan transfer yang lebih baik daripada USB 2.0 lamanya.