Langsung ke konten utama

Panduan cara memilih Motherboard atau Mainboard Komponen PC Bekas





Berikut ini adalah Panduan cara memilih Motherboard atau Mainboard Komponen PC Bekas. Motherboard merupakan komponen vital yang memiliki tingkat resiko rentan terhadap kerusakan. Hal ini terutama terhadap beberapa merek-merek tertentu.







Mainboard atau motherboard yang bermasalah justru menjadi hal yang lumrah. Tidak ada salahnya sedikit memberikan perhatian pada komponen satu ini. Ada beberapa yang perlu Anda lakukan ketika hendak memilih membeli motherboard yang bukan baru alias bekas, diantaranya :

  1. Hal yang pertama harus diperhatikan dan dapat dilihat langsung secara fisik adalah, Perhatikan elco, apakah ada elco yang pecah atau menggembung. 
  2. Tidak sedikit kerusakan yang ditemukan berawal dari elco kehilangan fungsinya, apalagi untuk motherboard yang bisa dikatakan bukan baru lagi.
  3. Perhatikan juga slot Kartu Grafis AGP atau PCI Express untuk memasang kartu grafis, jika bisa, pilihlah motherboard yang memiliki AGP atau PCI Express dengan kecepatan yang sesuai dengan spesifikasi vga yang hendak Anda gunakan nantinya.
  4. Untuk pengecekan motherboard yang mesti kita perhatikan juga adalah chipset, serta chip lain pada motherboard, apakah komponen tersebut masih dalam kondisi baik. Karena disinilah biasanya sumber kerusakan motherboard secara umum. 
  5. Pastikan Driver CD masih ada, jika tidak ada, sebaiknya minta untuk di download kan dari penjual. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Intel G31 Mainboard | Cardex Pro CDX G31

Type Mainboard Cardex Pro CDX G31 ini telah menggunakan Chipset Intel G31, ini telah memiliki 4 Slot SATA dan yang paling ditunggu, walaupun sudah mulai

Cara mengatasi sinyal Wireless yang tidak stabil

Kondisi yang terjadi pada perangkat seperti sinyal wireless yang tidak stabil, kadang terkoneksi dan kadang tidak bisa jadi disebabkan akan 2( dua ) hal, yaitu sinyalnya memang sudah lemah atau adanya interfensi (gangguan). Berikut ini adalah tips untuk mengatasinya :

Flashdisk VanDisk, dengan AVG “included”

Flashdisk VanDisk dari Advan ini mengadopsi desain putar untuk type V50-nya, dengan desain model putar (swivel) seperti ini memungkinkan masalah sering hilangnya penutup dapat dihindari. Apalagi Advan juga menyertakan Anti Virus AVG yang sudah di masukkan disetiap pembelian Flashdisk type ini.