Langsung ke konten utama

10 Tips Cara Merawat Laptop Agar Lebih Awet

Tips Merawat Laptop Agar Lebih Awet


1) Hindarkan Laptop dari getaran elektromagnetik
Jauhkan Laptop Anda dari alat-alat elektro-magnetik seeprti alat pengeras suara loudspeaker, handphone dan alat lainnya yang secara langsung memberikan pengaruh yang cukup signifikan pada LCD Laptop.

2) Jangan sembarangan melakukan Download ( Unduh ) dari Internet
Kemudahan mendapatkan fasilitas Internet ditambah kecepatan download, pasti kerjaannya download terus. Bener ga? Hayo ngaku. Usahakan jangan download software yang tidak jelas asal usulnya. Karena hal ini bisa membahayakan Laptop Anda. Jika ingin download, sangat disarankan pasang antivirus berbayar terlebih dahulu pada Laptop Anda.



3) Tidak perlu melakukan instalasi software yang jarang digunakan
Software yang telah diinstal dan tidak digunakan selain mengurangi kapasitas media penyimpanan harddisk juga tidak jarang ikut menghabiskan resource komputer ( memory ) terutama yang berjalan secara background.

Jika ada aplikasi yang sesekali ingin digunakan, namun jarang, alternatifnya bisa menggunakan software portabel yang dijalankan melalui Flashdisk.


4) Jaga kebersihan Laptop
Selalu jaga kebersihan Laptop, terutama dari debu, dengan menmbahkan Keyboard Protector atau biasa disebut pelindung keyboard agar terhindar dari masuknya debu. Dan selalu sediakan kain flanel untuk sesekali membersihkannya laptop dengan lap.



5) Jangan memindahkan Laptop saat masih menyala
Hal ini sangat penting, perlu diketahui Laptop yang masih menyala dan dalam kondisi belum shutdown berarti Laptop dalam keadaan bekerja, sehingga apabila digerakkan maka secara langsung akan melukai cylinder harddisk yang kadang bisa langsung berakibat fatal.



6) Jangan meletakkan Laptop diatas kasur saat sedang menyala
Jika memang suka menggunakan Laptop diatas kasur, hal ini bisa diakali dengan menggunakan Meja yang memiliki fasilitas pendingin Laptop. Karena tidak jarang laptop yang digunakan diatas kasur walau beberapa jam saja, bisa langsung merusak komponen didalamnya, dikarenakan tertutupnya ventilasi.


7) Rawatlah baterai Laptop secara teratur
Baterai Laptop ini susah gampang perawatannya, paling lama memang bisa bertahan 1 tahun hingga 1.5 tahun. Cara merawat baterai laptop paling umum adalah, setiap 2 minggu sekali kosongkan batere Laptop dan charge dalam keadaan tidak digunakan ( off ). Dan 1 hal yang harus selalu diingat, jika Laptop tidak dipakai dalam jangka waktu yang lama, katakanlah 2 minggu, disarankan lepaskan batere dan pisahkan.


8) Jangan meletakkan benda cairan diatas Laptop maupun di dekat Laptop
Hindarkan cairan dari Laptop karena bila tanpa sengaja akan berakibat fatal pada laptop termasuk benda-benda yang berat.

9) Rapikan kabel-kabel yang terhubung
Sebisa mungkin rapikan kabel-kabel yang terhubung ke laptop, baik disaat waktu sedang digunakan atau pun saat ingin disimpan agar kabel awet dan tidak terjadi kerusakan pada kabel yang tentunya bisa berakibat fatal pada Laptop


10) Apabila Laptop bermasalah, serahkan ke ahlinya.
Jika menemui kendala seperti Power sudah ditekan namun Laptop tidak hidup lagi, atau Laptops sering Hang setelah pemakaian beberapa lama. Sebaiknya langsung serahkan ke ahlinya, daripada memperbaikinya sendiri. Apalagi bila masih dalam masa garansi, langsung bawa saja ke service centre, daripada repot-repot. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Intel G31 Mainboard | Cardex Pro CDX G31

Type Mainboard Cardex Pro CDX G31 ini telah menggunakan Chipset Intel G31, ini telah memiliki 4 Slot SATA dan yang paling ditunggu, walaupun sudah mulai

Cara mengatasi sinyal Wireless yang tidak stabil

Kondisi yang terjadi pada perangkat seperti sinyal wireless yang tidak stabil, kadang terkoneksi dan kadang tidak bisa jadi disebabkan akan 2( dua ) hal, yaitu sinyalnya memang sudah lemah atau adanya interfensi (gangguan). Berikut ini adalah tips untuk mengatasinya :

Cara menambahkan USB 3.0 pada Mainboard Lama

Beberapa hari yang lalu, ada kunjungan nih ceritanya ke tempat customer. Seperti biasanya hanya untuk maintenance. Dan sambil ngobrol, istilah cerita punya cerita. Customer kami ingin curhat kalau komputer lamanya ini dengan spesifikasi Core 2 Quad, kalau copy dan pindah-pindah file antar Harddisk internal ke Harddisk External lumayan lama, mengingat Mainboardnya masih mendukung USB 2.0 Ingin ganti ke Mainboard baru yang pastinya memiliki USB 3.0, harganya pasti lebih mahal, belum lagi  tentunya harus mengganti processor baru, memory baru yang semakin menguras isi kantung. Keinginannya hanya simpel dan satu saja, yaitu ingin mendapatkan transfer yang lebih baik daripada USB 2.0 lamanya.