Langsung ke konten utama

Standar media penyimpanan Masa Kini

CD DVD Blue-ray HD DVD
Ketika media CD diperkenalkan pada awal tahun 80-an, terjadi perubahan yang cukup besar pada dunia media penyimpanan (storage media). Penggunaan media CD untuk menampung data audio saat itu memberikan peningkatan kualitas yang cukup besar. Selain itu, dengan kapasitas hingga 700 MB juga memberikan ruang yang sangat besar dalam hal penyimpanan data. Momen ini juga memberikan kesempatan kepada konsumen untuk tidak hanya memiliki media penyimpanan dengan kapasitas besar, namun juga dengan biaya yang cukup terjangkau.

Walaupun pada saat itu media CD merupakan media yang sangat popular dan bermanfaat dalam menyimpan data, tuntutan akan sebuah media baru dengan kapasitas yang lebih besar kembali muncul pada awal tahun 90-an. Tuntutan inilah yang kemudian mengantarkan kemunculan media DVD yang menawarkan kapasitas hingga tujuh kali lipat dibandingkan sebuag media CD. Dengan kapasitas yang jauh lebih besar, bentuk fisik sebuah media DVD tetap sama dengan media CD. Hal inilah yang menyebabkan produk ini cukup diterima dengan baik oleh pasar dan memungkinkan teknologi ini kompatibel dengan teknologi CD yang telah ada sebelumnya.

Semakin berkembangnya dunia multimedia kembali menuntut sebuah media baru dengan kapasitas yang lebih besar dari yang ada saat ini. Sejarah membuktikan bahwa media baru yang memiliki kapasitas lima hingga sepuluh lebih besar dan mampu mengakomodasikan berbagai standar media yang telah ada sebelumnya, yang akan diterima konsumen dengan baik. Kenyataan inilah yang kemudian melahirkan standar media baru yang diberi nama Blu-ray Disc dan HD DVD yang menggunakan encoding MPEG-2, H.264, dan VC-1.

Standar Media Penyimpanan Masa Depan

Sama halnya dengan media DVD dibandingkan dengan media CD, media Blue ray dan HD DVD  juga akan memiliki kapasitas lima hingga sepuluh kali lipat dibandingkan dengan media DVD. Hal inilah yang mendorong digunakannya sinar laser biru yang memiliki panjang cahaya yang lebih pendek dibandingkan sinar laser merah yang digunakan pada DVD dan CD. Perlu Anda ketahui, panjang gelombang sinar laser biru yang digunakan pada kedua media ini hanyalah 405nm, dibandingkan dengan panjang gelombang sinar laser merah yang sebesar 650nm yang digunakan pada DVD.

Berkat penggunaan sinar laser biru, kecepatan transfer Blu-ray disc dan HD DVD dapat mencapai angka 36Mbps. Bandingkan dengan kecepatan transfer DVD yang hanya mencapai 11,08 Mbps.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Intel G31 Mainboard | Cardex Pro CDX G31

Type Mainboard Cardex Pro CDX G31 ini telah menggunakan Chipset Intel G31, ini telah memiliki 4 Slot SATA dan yang paling ditunggu, walaupun sudah mulai

Cara mengatasi sinyal Wireless yang tidak stabil

Kondisi yang terjadi pada perangkat seperti sinyal wireless yang tidak stabil, kadang terkoneksi dan kadang tidak bisa jadi disebabkan akan 2( dua ) hal, yaitu sinyalnya memang sudah lemah atau adanya interfensi (gangguan). Berikut ini adalah tips untuk mengatasinya :

Cara menambahkan USB 3.0 pada Mainboard Lama

Beberapa hari yang lalu, ada kunjungan nih ceritanya ke tempat customer. Seperti biasanya hanya untuk maintenance. Dan sambil ngobrol, istilah cerita punya cerita. Customer kami ingin curhat kalau komputer lamanya ini dengan spesifikasi Core 2 Quad, kalau copy dan pindah-pindah file antar Harddisk internal ke Harddisk External lumayan lama, mengingat Mainboardnya masih mendukung USB 2.0 Ingin ganti ke Mainboard baru yang pastinya memiliki USB 3.0, harganya pasti lebih mahal, belum lagi  tentunya harus mengganti processor baru, memory baru yang semakin menguras isi kantung. Keinginannya hanya simpel dan satu saja, yaitu ingin mendapatkan transfer yang lebih baik daripada USB 2.0 lamanya.